[Reportase] Kondisi Parkiran Tel-U

Parkiran adalah tempat kita menitipkan kendaraan kita disaat kita sedang tidak menggunakannya. Parkiran tentunya harus memiliki beberapa faktor agar pengguna kendaraan dapat memarkirkan kendaraannya dengan tenang, beberapa faktor tersebut adalah :

  1. Keamanan
  2. Kenyamanan
  3. Kondisi lingkungan

Kali ini team dari kelompok 1 melakukan wawancara terhadap salah satu security mengenai parkiran asrama.

dsc_0736

Menurut pendapat security setempat, parkiran asrama tergolong kurang layak dikarenakan beberapa faktor salah satunya faktor keamanan, karena keamanan merupakan hal yang paling penting dalam tempat parkir, jika tempat parkir sudah aman barulah kenyamanannya dibenahi.

Tujuan dibuat tempat parkir selain untuk menertibkan kendaraan tujuan lainnya adalah untuk menjaga kendaraan dari tangan-tangan jahil.

Tetapi sangat disayangkan sekali karena untuk mengamankan beribu unit kendaraan dari tangan-tangan jahil, Hanya ada 1 penjaga(security) saja dimalam hari, tentunya hal itulah yang membuat security yang kami wawancarai tersebut bisa bicara seperti itu, karena kondisi dilapangan berkata begitu pula.

Selain ditugasnya seorang penjaga(security) di parkiran yang diisi oleh ribuan unit kendaraan tersebut tata letak atau penempatan pos penjaga yang kurang tepat, menjadi problem berkurangnya tingkat keamaan diparkiran tersebut, dikarenakan petugas tidak bisa memantau seluruh kendaraan yang keluar masuk dengan bebas.

Untuk kondisi lingkungan parkiran kendala ada pada air yg menampung saat hujan sehingga menyebabkan parkiran tergenan tetapi masalah itu sudah ditangani dengan dibongkar dan dibenarkan saluran pembuangan airnya.

Lalu masalah tempat parkir yang tidak terpantau oleh pos jagaan sehingga menyebabkan parkiran menjadi tidak efisien (ada motor yang terhalang dengan motor lain), pemilik kendaraan tidak dapat protes ke pos penjaga karna itu diluar jangka pantauan pos penjaga.

dsc_0745

Bapak security melakukan inisiatif untuk membuat peringatan jalur untuk keluar parkiran sehinggan alur parkiran bisa dipantau dengan tertib, minimal security tahu mana orang orang yang sering parkir di tempat tersebut.

Ktp atau Ktm digunakan untuk pass card jika pengendara tidak membawa stnk, ktp dan ktm akan ditahan sampai si pengguna kendaraan kembali ke parkiran.

Untuk hal seperti pencurian motor alhamdulillah di parkiran asrama blom pernah terjadi dan mudah – mudahan tidak, tetapi untuk orang – orang yang parkir diluar sering terjadi, dan dihimbaukan untuk tidak parkir diluar.

Untuk orang orang yang suka parkir sembarangan di luar parkiran diharapkan untuk sadar diri sendiri karna tugas security bukan hanya memastikan motor yg parkir sembarangan saja tetapi juga harus memantau pos jagaannya.

Dan untuk penataan parkirannya kurang diberi tanda untuk tiap slot parkirnya sehingga kadang ada orang yang parkir sembarang walau sudah dalam parkiran.

dsc_0743

Harapan bapak security adalah agar dibuatkan fasilitas pos baru yang bisa memantau semua jalur keluar dan masuk motor yang akan parkir dan diharapkan mahasiswa dan security bisa saling bekerja sama agak tidak ada masalah dalam parkiran di sekitar tel-u.

Menurut kelompok 1 parkiran asrama memang kurang memadai untuk soal keamanan, dikarnakan letak pos penjagaannya yg kurang tepat sehingga seluruh tempat parkiran tidak dapat terpantau dengan baik. Untuk penataannya juga kurang karna seharusnya diberi garis pembatas untuk tiap tiap slot parkir motor, sementara di parkiran asrama hanya diberi 1 garis panjang dan itu tdk dpt memastikan parkir bisa secara teratur. Untuk pengendara yang masih suka parkir sembarangan tdk dpt diganggu gugat lagi walaupun bem sudah memberi tanda batas parkir tetapi masih saja yang masih sembarangan memarkir hal itu harus kembali lagi ke kesadaran tiap pemarkir kendaraan

Sekian Reportase dari kelompok 1, semoga postingan ini bermanfaat

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *